Garis Besar Bab I: Logika dan Komunikasi

18.30

-          PENGANTAR
Semua orang dapat berkomunikasi, minimal secara non-verbal. Namun, tak semua komunikasi manusia bernilai logis meski dimotori oleh rasio. Hal ini dapat dijumpai pada anak-anak hingga orang dewasa. Satu kasus spesifik tak bisa secara otomatis digeneralisasikan. Orang biasa sampai tokoh masyarakat pun bisa jatuh pada kekeliuran logis. Salah satu contoh kekeliuran logis yang sering dilakukanorang dewasa berbentuk stereotip. Kekeliuran logis akibat pandangan stereotip yang kadang dilakukan orang dewasa itu tak jauh beda dengan kekeliuran logis yang terjadi pada anak-anak.

-          LOGIKA
Asal kata “logika” yaitu logos, Logike, logica, logique, dan logic. Dua kata pertama berasal dari bahasa Yunani. Yang pertama berarti kata, ide, dan akal. Yang kedua berarti seni berpikir. Tiga kata terakhir yaitu sama dengan kata kedua. Kata-kata tersebut berasal dari bahasa Latin, Perancis, dan Inggris. Dilihat dari sekian banyak sumbernya, kata logika dalam bahasa Indonesia tampak merujuk pada bahasa Latin. Tesaurus Bahasa Indonesia mensinonimkan logika dengan ilmu mantik dan akal sehat. Logika bergelut dengan tindakan yang berproses.

-          KOMUNIKASI
Komunikasi berasal dari kata bahasa Inggris, communication.
KBBI mendefinisikan komunikasi sebagai pengiriman dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Sinonim menurut Tesaurus Bahasa Indonesia yaitu hubungan, koneksi, kontak, korespondensi, dan transmisi. Pengiriman identik dengan penyampaian. Namun, penerimaan dan pertukaran tidak. Penerimaan berhubungan dengan feedback. Sedangkan pertukaran tidak punya hubungan itu dengan keduanya. Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih melalui ucapan, tulisan, atau media lain.

-          KOMUNIKASI DAN LOGIKA
Aliran behaviorisme yang memungkinkan keberadaan ilmu komunikasi. Ini merupakan derivasi dari positivisme yang berupaya mengindependenkan ilmu-ilmu dari filsafat dengan objek material atau objek formal masing-masing. Berkat dukungan tersebut, komunikasi menjadi ilmu yang merdeka dari filsafat. Sebelum komunikasi terlepas dari filsafat, para filsuf telah menyinggung hal-hal yang kemudian menjadi bahasan komunikasi. Retorika adalah kemampuan meninjau sarana yang dapat digunakan untuk membujuk dalam berbagai keadaan. Kemampuan ini hadir terutama karena proses belajar yang disengaja. Aristoteles menyimpulkan model-model bujukan bersifat teknis dan non-teknis.

-          Dari Logika untuk Komunikasi
Tak ada seorangpun dapat berbicara dengan tertib tanpa proses berpikir tertib dan tak ada yang dapat menulis secara sistematis tanpa berpikir demikian. Pemikiran sahih diidentifikasi dari sudut koherensinya meliputi konsistensi antar unsur pembentuk. Pemikiran benar ditandai oleh korespondensinya meliputi keselarasan pemikiran itu dengan fakta. Koherensi mendorong pemikiran tidak bertolak belakang dengan unsur-unsur pembentuknya. Korespondensi mengorientasikan pemikiran tidak berseberangan dengan kenyataan yang diacu.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images